Kekerasan di Thailand Selatan Renggut 4.000 Nyawa

Lebih dari 4.000 orang tewas di Thailand Selatan sejak aksi kekerasan meletus tahun 2004, pada tiga provinsi.

Demikian kantor berita Reuters, Senin (23/8/2010) kemarin. Warga pada tiga provinsi itu mayoritas Muslim. Hingga kini, tidak ada kelompok yang mengaku bertangung jawab atas aksi kekerasan di provinsi-provinsi Yala, Patani dan Narthiwat.

Dan, sejauh ini tidak ada bukti ada hubuganya dengan jarigan-jaringan asing. Para gerilyawan Muslim menembak mati dua orang dan mencederai lima lainnya dalam serangan-serangan terpisah dalam satu hari di Thailand Selatan.

Insiden-insiden itu semuanya terjadi antara Ahad malam dan Senin pagi di Pattani, salah satu dari tiga provinsi yang dilanda aksi kekerasan berdarah. Aksi itu diduga dilakukan gerilyawan Muslim yang berusaha memisahkan diri dari Thailand yang berpenduduk mayoritas beragama Buddha itu.

Seorang pria Muslim,mantan seorang politisi lokal, ditembak mati dan seorang kepala desa cedera ketika pria-pria bersenjata tidak dikenal melepaskan tembakan ketika para korban menumpang sebuah truk untuk sholat subuh Senin, kata polisi.

Dalam satu serangan lain, Senin, sepasang warga Buddha ditembak dan cedera ketika mereka sedang dalam perjalanan untuk bekerja di satu lokasi pembangunan.

Pada malam sebelumnya, seorang pejabat desa yang beragama Islam ditembak mati di depan sebuah sekolah oleh para penyerang yang tidak dikenal, kata Letnan Polisi Mana Naktang. Dua orang yang berada dekat lokasi itu juga cedera.

Serangan-serangan itu dilakukan melalui penembakan dari kendaraan yang sedang melaju dan sabotase dan ledakan-ledakan bom dan pemenggalan kepala.

Sasarannya biasanya adalah warga Budhha dan Muslim yang bekerjasama dengan pemerintah Thailand, seperti polisi, tentara, para pejabat pemerintah dan guru-guru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: